BPHN.GO.ID – Jakarta. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Bagi Kemenkumham, para Wisudawan/Wisudawati Purnabakti merupakan salah satu sosok pahlawan tersebut. Seluruh kerja keras, karya dan pengabdian nyata Wisudawan/Wisudawati Purnabakti menjadi pondasi kinerja Kemenkumham saat ini. 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan acara “Serah Terima Jabatan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Wisuda Purnabakti Pengayoman dan Pengukuhan Pengurus Pusat Persatuan Purnabakti Pengayoman” di Graha Pengayoman Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, pada hari Senin (01/08).

Acara ini merupakan wujud penghargaan dan ungkapan rasa hormat yang tulus dari segenap keluarga besar Kemenkumham kepada para purnabakti atas pengabdiannya sejak mengawali dinas aktif hingga memasuki masa purnatugas. Turut hadir dalam acara ini Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Wakil Menteri Hukum dan HAM Eddy O.S. Hiariej, Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto, segenap Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama, Staf Ahli Menteri dan Staf Khusus Menteri.

“Selamat telah mengakhiri masa dinas dengan sempurna, selamat berkarya, dan selamat melanjutkan perjuangan. Ini bukanlah akhir dari sebuah pengabdian, melainkan sebagai wujud keberhasilan saudara/saudari selama melaksanakan tugas dan amanah sebagai abdi negara serta awal untuk berkiprah secara penuh dalam kehidupan bermasyarakat dan mengabdi pada dimensi yang berbeda,” ujar Yasonna H. Laoly.

Dalam kesempatan tersebut, Yasonna Laoly juga mengucapkan terima kasih kepada Sri Puguh Budi Utami atas dedikasinya selama ini, selamat mengabdi dan menyelesaikan darma baktinya di Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbangkumham). Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi Iwan Kurniawan ditunjuk sebagai Plt. Kepala Balitbangkumham untuk melanjutkan perjuangan Sri Puguh Budi Utami.

“Meskipun telah memasuki masa purnatugas, akselerasi kinerja organisasi khususnya di Balitbangkumham harus berjalan secara cepat dan optimal. Segera melakukan langkah-langkah strategis pencapaian target kinerja organisasi, persiapkan dan berikan dukungan penuh terhadap rencana transformasi organisasi Balitbangkumham menjadi Badan Strategi Kebijakan,” pesan Yasonna kepada Iwan Kurniawan.

Dalam kesempatan yang sama, Kemenkumham juga mengukuhkan Pengurus Pusat Persatuan Purnabakti Pengayoman. Yasonna Laoly berharap agar organisasi ini bukan hanya menjadi sebuah wadah untuk berkumpul dan berbagi cerita saja, namun dapat memperjuangkan kepentingan utama anggotanya, yaitu kesejahteraan pada usia senja dan memberikan kontribusi positif bagi Kementerian Hukum dan HAM. 

Acara ini dihadiri oleh Wisudawan/Wisudawati dari seluruh Unit Utama sebanyak 78 orang. Kegiatan ini juga diikuti secara hybrid/daring oleh seluruh Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham. Adapun Wisudawan/Wisudawati dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) yang hadir antara lain Armiatni, Omon, Mohammad Syarif, Siti Rodiah dan Mugiyati.

“Sebagai generasi penerus, kami juga selalu siap menerima sumbangsih pemikiran dari para pendahulu, khususnya para wisudawan melalui wadah Persatuan Purnabakti Pengayoman. Semoga apa yang telah diberikan selama menjalankan tugas sebelumnya, menjadi amal ibadah dan mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Pengasih, serta selalu mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan,” tutup Yasonna dalam sambutannya. (HUMAS BPHN)

Share this Post