Perencanaan dan Koordinasi Jadi Perhatian Sekretaris BPHN Jelang Tahun Anggaran 2023

BPHN.GO.ID – Jakarta. Tahun 2022 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Perencanaan yang matang perlu dilakukan guna meningkatkan kinerja di tahun 2023 nanti. Oleh karena itu, Sekretariat Badan Pembinaan Hukum Nasional melaksanakan Rapat Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Terkait Evaluasi Kinerja Tahun Anggaran 2022 di Aula Moedjono Lantai IV BPHN, Rabu (28/12).
 

Sekretaris BPHN Audy Murfi menyampaikan pentingnya perencanaan dan koordinasi agar kinerja tahun anggaran 2023 lebih maksimal. “Sesuai surat dari Sekjen Kemenkumham, kita diimbau untuk lakukan perbaikan perencanaan dan percepat pelaksanaan program/kegiatan. Saya lihat perencanaan di BPHN sudah baik, namun dapat ditingkatkan kembali. Begitu juga koordinasi dengan Kementerian/Lembaga lain, dengan pusat-pusat lain dan sebagainya,” ujar Audy. 
 
 
Sekretaris BPHN juga mengimbau kepada seluruh Kepala Bagian dan Koordinator agar mengevaluasi program-program apa saja yang sudah dilaksanakan. Setelah itu rencanakan program/kegiatan ke depan dengan matang dan koordinasikan juga dengan pusat-pusat terkait. Audy berharap ke depannya tidak ada revisi anggaran. Hasil yang baik dimulai dengan perencanaan yang baik pula.
 

“Saya sempat khawatir penyerapan anggaran kita tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Alhamdulillah, dengan koordinasi yang baik antar pusat, realisasi anggaran kita di tahun 2022 ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu,” pungkas Audy Murfi. 
 

Berdasarkan data realisasi anggaran per 27 Desember 2022, BPHN menduduki peringkat kedua dari sebelas Unit Eselon I Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan capaian sebesar 97%. Kemudian pada Nilai Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) Unit Eselon I Kemenkumham per 27 Desember 2022, BPHN menempati peringkat pertama dengan nilai akhir 97,07. 
 
 
“Oleh karena itu, kita harus selalu mengingatkan. Mengingatkan kepada diri kita sendiri dan mengingatkan kepada orang lain. Itu kan mendapatkan pahala. Pengalaman yang kurang di tahun 2022 dijadikan cambuk kepada kita agar lebih baik ke depannya. Saya yakin BPHN memiliki potensi yang bagus. Tinggal bagaimana kita memoles dan mengarahkannya,” ujar Audy menutup arahannya. 
 

Selain Sekretaris BPHN, rapat ini turut dihadiri oleh Koordinator Keuangan Tuyono, Kepala Bagian Program dan Pelaporan Rahendro Jati, Kepala Bagian Kepegawaian Widya Oesman,  Subkoordinator Fasilitas Kerja Sama Indry Meutiasari dan perwakilan pegawai BPHN lainnya. (HUMAS BPHN)

Share this Post