Badan Pembinaan Hukum Nasional

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia






Mail BPHN
Senin, 10 Des 2018

8 Desa/Kelurahan di Provinsi Bangka Belitung Dinobatkan Sebagai Desa Sadar Hukum

Senin , 17 Sept 2018

Pangkal Pinang, BPHN.go.id - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly meresmikan delapan Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (17/9) di Kantor Gubernur Bangka Belitung. Peresmian itu menggenapi jumlah desa/kelurahan yang dinobatkan sebagai “Desa Sadar Hukum”

Dalam kesempatan yang sama, Menkumham juga memberi penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan, Pengharagaan Peduli Bantuan Hukum bagi orang atau kelompok miskin serta penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan lapas/rutan. Menurut menkumham, Peresmian Desa/ Kelurahan sadar hukum yang telah diraih ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi Desa atau kelurahan yang lain.

“Bagi Desa/ Kelurahan yang telah ditetapkan diharapkan dapat mempertahankan prestasinya karena tiap tahunnya akan dilakukan evaluasi kembali,” kata Menkumham.

Menkumham juga mengapresiasi dukungan dan kerjasama dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, DPRD dan Forum Dilkumjakpol lantaran telah memudahkan tugas untuk mewujudkan Supremasi Hukum. (Baca Juga: Menteri Hukum dan HAM RI Meresmikan 12 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)

”Sampai dengan tahun 2018 ini terdapat 35 Desa/Kelurahan di Provinsi Bangka Belitung yang berstatus Desa/ Kelurahan Sadar Hukum” kata Menkumham.

Terkait dengan bantuan hukum, Menkumham mengatakan, Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) melalui Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum beserta jejaringnya di Kantor Wilayah mengupayakan pertumbuhan desa/ Kelurahan Sadar hukum dan diselaraskan dengan kebutuhan zaman. Ini diwujudkan dengan menambah Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang terverifikasi dan terakreditasi demi menjaga kualitas sewaktu memberikan bantuan hukum. (Sumber: Humas Kemenkumham, diolah)

Berikut Desa/Kelurahan Sadar Hukum:

1. Kelurahan Gabek II Pangkalpinang, 2. Desa Terentang, Kecamatan Koba, 3. Desa Namang, Bangka Tengah, 4. Desa Sengir, Bangka Selatan, 5. Desa Petaling, Selat Nasik, Belitung, 6. Selat Nasik, kec. Selat Nasik., 7.Desa Burong Mandi, Belitung Timur, 8. Desa Mekar Jaya kecamatan Manggar

Camat yang mendapatkan Medali:

1. Camat Gabek II, 2. Camat Namang,, 3. Camat Koba, 4. Camat Payung,, 5. Camat Selat Nasik, 6. Camat Damar, 7. Camat Manggar, Beltim

Piagam diberikan kepada:

1. Gubernur Babel, 2. Walikota Pangkalpinang, 3. Bupati Bangka Tengah, 4. Bupati Bangka