BPHN Gelar Simulasi Desk Evaluasi Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

BPHN.GO.ID – Jakarta. Untuk menghadapi evaluasi dari Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM melakukan persiapan berupa simulasi tanya jawab seputar pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Persiapan menghadapi tahap desk evaluasi TPN Kemenpan-RB ini difasilitasi Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI.

 

“Kami yang bukan pelaksana (BPHN) saja optimis, maka BPHN seharusnya lebih optimis lagi,” kata Ketua TPI Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Wilayah IV, Ichsanudin Eko Saputro, dalam kegiatan Simulasi Desk Evaluasi Penguatan Pembangunan ZI Menuju WBBM, Rabu (10/8) di Aula Mudjono lantai 4 Gd. Utama BPHN, Cililitan – Jakarta Timur.

 

Simulasi desk evaluasi merupakan rangkaian penting dalam pembangunan ZI pada Satuan Kerja (Satker). Ada semacam pakem perihal tata urutan sebelum sesi tanya jawab atau wawancara, diantaranya yel – yel, penayangan video jingle, video profil instansi, dan paparan pembangunan ZI oleh kepala Satker. Disampaikan Eko, banyak Satker yang gagal pada tahapan akhir ini karena tidak jeli dalam mempersiapkan diri ketika menghadapi TPN Kemenpan-RB.

 

“Banyak yang gagal karena hanya dokumentasi atau sebatas memenuhi data dukung dan tidak sampai diimplementasikan, padahal itu penting. Makanya, banyak gagal meraih Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/WBBM sampai lima tahun,” sebut Eko.

 

Di samping hal itu, Eko juga menceritakan pengalaman ketika TPI melakukan pendampingan pada Satker, baik dalam rangka pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di mana TPN Kemenpan-RB seringkali melontarkan pertanyaan di luar konteks pembangunan ZI yang dilakukan atau tidak menutup kemungkinan TPN Kemenpan-RB akan mendalami hal-hal yang sifatnya cukup teoritis. Maka dari itu, penguatan simulasi desk evaluasi yang dilakukan Eko bersama jajaran di BPHN adalah dalam rangka mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi saat hari-H.

 

Sekretaris BPHN yang juga bertindak selaku Ketua Tim Pembangunan ZI BPHN, Audy Murfi MZ bersama jajaran Ketua Kelompok Kerja (Pokja) ZI BPHN sangat berkomitmen. Sebagai informasi, kegiatan simulasi desk evaluasi ini merupakan agenda hari kedua setelah sehari sebelumnya digelar entry meeting penguatan pembangunan ZI menuju WBBM. Saat simulasi pemaparan, Audy juga telah menjual layanan dan inovasi yang dibangun BPHN agar mendapat penilaian positif dari TPN Kemenpan-RB. Inti dari paparan yang disampaikan adalah BPHN berkomitmen mulai dari level pimpinan hingga pegawai serta PPNPN dalam pembangunan ZI menuju WBBM kali ini.

 

“Mari tetapkan, terapkan, biasakan, budayakan! BPHN Sangat Setuju WBBM Tahun 2022,” seru Audy.

Share this Post